Siapakah Imam bonjol?

من إمام بُنجول؟

كتبه:

أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي اللمبوري

-حفظه الله ورعاه-

بسم الله الرحمن الرحيم

 الحمد لله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله وكفى بالله شهيدا وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له. وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.

أما بعد: «إِنَّ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ، وَأَحْسَنَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمَّدٍ -صلى الله عليه وسلم-، وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَ{إِنَّ مَا تُوعَدُونَ لَآَتٍ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ}».

          فإني لما سمعت بعض الصوفيين في أندونيسيا يتكلمون عن إمام بنجول الأندونيسي –رحمه الله- أنه وهابي فأحببت أن أكتب مختصرا أذكر فيه قصته.

وتلاميذ شيخ الإسلام الإمام محمد بن عبد الوهاب –رحمه الله- كثيرة جدا لا يعلمهم إلا الله؛ وقيل: ومن تلاميذه الشيخ شريف بن بيان الدين البنجولي الأندونيسي رحمهما الله؛ ولد سنة 1772 م في مدينة بنجول سومطرى أندونيسيا.

ولقبه إمام بنجول لأنه مؤسس مركز دعوة التوحيد في مدينة بنجول؛ وتعلم على أبيه وبعض العلماء من تلاميذ شيخ الإسلام الإمام محمد بن عبد الوهاب في مدينة بنجول وهي مدينة معلومة في جزيرة سومطرى أندونيسيا؛ ثم توجه إلى بيت الله بمكة من أجل الحج؛ وتعلم على العلماء في مسجد الحرام بمكة؛ ثم رجع إلى بنجول للدعوة إلى الله.

وقد أمر الله سبحانه لمن عنده من العلم أن يدعو إلى سبيله؛ قال سبحانه: قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ [يوسف: 108].

وقال سبحانه: وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ [آل عمران: 104].

وعن عبد اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه و سلم قال: «بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً» (رواه البخاري وأحمد).

فاشتغل إمام بنجول رحمه الله بالتعليم والإرشاد والدعوة إلى الله وتوجيه الناس إلى الخير والمحب في الله؛ واشتهر أمره في مدينة بنجول حتى يفد إليه الناس من القرى المجاورة.

كان أهل بنجول قبل دعوة إمام بنجول رحمه الله على حالة لا يرضاها مؤمن وكان الشرك والبدع والمعاصي قد نشأت في بنجول وانتشرت حتى عبد من دون الله أناس يدعون بالولاية؛ وهم يشربون الخمر ويفعلون الفواحش؛ واشتهرت في بنجول السحر والكهنة؛ فلما رأى إمام بنجول هذه المنكرات استمر إمام بنجول رحمه الله في الدعوة إلى الله وبالتعليم والإرشاد؛ ثم الذين يفعلون المنكرات غضبوا عن دعوته رحمه الله؛ حتى وقع الحرب بينهم وبين أهل التوحيد أصحاب إمام بنجول رحمه الله؛ وهم يسمون أنفسهم بقوم العادة وأهل التوحيد بقوم الفدر (عند أهل بنجول: الفدر معناه طلبة العلم)؛ فبسسب هذا الحرب قتل كثير من قوم العادة ومن بقي منهم ذهبوا إلى الكفار من هُولَنْدا وطلبوا منهم العساكر والأسلحة فأجابوا طلبهم؛ حتى اجتمع قوم العادة والكفار من هُولَنْدا في حرب أهل التوحيد؛ واستمر الحرب من سنة 1821 م إلى 1837 م.

وقد بين الله تعالى عن أحوال الكفار والمشركين كما في القرآن الكريم: وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ [الأنعام: 112].

وقال تعالى: وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ [البقرة: 120].

وفي آخر سنة 1837 م اجتمع الكفار من هُولَنْدا والمشركون من قوم العادة في آخر مرة؛ وضربوا مدينة بنجول؛ وقتلوا كثيرا من أهل المدينة؛ وأخذوا الأموال والأبناء والبنات والنساء؛ وعذبوا وسجنوا إمام بنجول رحمه الله من سنة 1837 م إلى أن توفي إمام بنجال رحمه الله في سنة 1864 م. ومن هنا انقطعت دعوة التوحيد في مدينة بنجال خاصة وأندونيسيا عامة.

فهذه القصة تعتبر درسا لأهل التوحيد؛ إذا وقع الحرب فلا بد بعضهم أن يذهبوا إلى الجهاد في سبيل الله والآخرون أن يذهبوا إلى مراكز العلماء لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ؛ قال الله تعالى: وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ [التوبة: 122].

ونسأل الله تعالى أن يصلح البقية الباقية من آل إمام بنجول رحمه الله ومن المسلمين جميعا في مدينة بنجول وغيرها وأن يوفقهم جميعا لما يرضيه وأن يهدينا وإياهم صراطه المستقيم.

 http://aloloom.net/vb/showthread.php?t=11154

Siapakah Imam bonjol?

Ditulis oleh:

Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Indonesia Allimbory

-Semoga Alloh menjaganya dan melindunginya-

Dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Segala puji hanya bagi Alloh yang mengutus utusannya dengan petunjuk dan agama yang benar untuk dinampakkannya atas agama seluruhnya dan cukuplah Alloh sebagai saksi, dan aku bersaksi bahwa sungguh tiada yang berhak disembah selain Alloh satu-satunya tiada tandingan baginya, dan aku bersaksi bahwa sungguh Muhammad hamba dan utusan-Nya.

Adapun sesudah itu,

Sesungguhnya sebaik-baik perkataan kitab Alloh, dan sebaik-baik petunjuk petunjuk Muhammad -semoga sholawat Alloh atasnya dan keselamatan-, dan sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan, dan (sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya (Al-an’aam: 134)).

Maka sesungguhnya ketika aku mendengar sebagian orang-orang sufi di Indonesia berbicara tentang Imam Bonjol Al-Indonesia –semoga Alloh merahmatinya- bahwa dia itu Wahhaby maka aku tertarik untuk menulis ringkasan yang kusebutkan didalamnya kisahnya.

Dan murid-murid Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin ‘Abdul wahhab –semoga Alloh merahmatinya- sangatlah banyak tidak ada yang mengetahuinya kecuali Alloh, dan dikatakan: dan diantara muridnya adalah Syaikh mulia Ibnu bayanuddin Al-Banjuly Al-Indunisia –semoga Alloh merahmati keduanya-, lahir pada tahun 1772 M di kota Bonjol Sumatra Indonesia.

Dan gelarnya Imam Bonjol sebab dia pendiri pusat dakwah Tauhid di kota Bonjol, dan belajar kepada ayahnya dan sebagian ulama dari murid-murid Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin ‘Abdul wahhab di kota bonjol dan dia (Bonjol) kota yang dikenal di negeri Sumatra Indonesia, kemudian dia (Imam Bonjol) berkunjung ke rumah Alloh di Makkah untuk berhaji, dan belajar kepada para ulama di Masjidil Harom di Makkah, kemudian kembali ke Bonjol untuk berdakwah (mengajak) kepada (agama) Alloh.

Dan sungguh Alloh -Maha Suci Dia- telah memerintahkan bagi siapa yang mempunyai ilmu untuk menyeru kepada jalan-Nya, Berkata -Maha Suci Dia-:

 قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ [يوسف: 108].

“Katakanlah inilah jalanku aku menyeru kepada Alloh diatas bashiroh, saya dan siapa yang mengikutiku dan Maha Suci Alloh dan tidaklah aku termasuk orang-orang yang mempersekutukan” (Yusuf: 108)

Dan dari Abdillah bin ‘amr bin Al-‘Ash –semoga Alloh meridhoinya-: bahwasanya Nabi –Shollallohu ‘alaihi wa sallam- berkata: “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat” (Diriwayatkan Bukhary dan Ahmad)

Maka tersibukanlah Imam Bonjol rohimahulloh dengan ta’lim dan pembinaan dan dakwah kepada Alloh dan mengajak manusia kepada kebaikan dan kecintaan karena Alloh, dan tersiarlah perihalnya di kota Bonjol sampai berdatanganlah kepadanya manusia dari daerah tetangga.

Adalah warga Bonjol sebelum dakwah Imam Bonjol -rohimahulloh- dalam suatu keadaan yang tidak akan diridhoi oleh orang-orang yang beriman, dan adalah kesyirikan dan bid’ah dan maksiat telah tumbuh di Bonjol dan merebak sampai menyembah selain Alloh, manusia-manusia berdo’a kepada wali-wali, dan mereka meminum khamr dan melakukan perbuatan-perbuatan keji, dan merebak di Bonjol sihir dan perdukunan, maka ketika Imam Bonjol melihat kemunkaran ini terus-meneruslah Imam Bonjol rohimahulloh dalam dakwah kepada Alloh dan dengan ta’lim dan pembinaan, kemudian para pelaku kemunkaran marah terhadap dakwahnya rohimahulloh, sampai terjadi peperangan antara mereka dan antara Ahli tauhid sahabat-sahabat Imam Bonjol rohimahulloh, dan mereka menamakan dirinya dengan kaum Adat dan Ahli tauhid (mereka namakan) dengan kaum Padri (bagi penduduk Bonjol: Padri bermakna penuntut ilmu), maka dengan sebab peperangan ini terbunuh banyak dari kaum Adat dan dari yang tersisa diantara mereka pergi ke orang-orang kafir dari Belanda dan meminta dari mereka tentara sekutu maka dipenuhilah permintaan mereka, sampai berkumpullah kaum Adat dan orang-orang kafir dari Belanda dalam memerangi Ahli Tauhid, dan berlangsunglah peperangan dari tahun 1821 M sampai 1837 M.

Dan sungguh Alloh telah menerangkan akan keadaan orang-orang kafir dan orang-orang musyrik sebagaimana di dalam Al-Qur’an:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ (١١٢)

Dan Demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, Yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (Al-An’am: 112)

Dan berkata Alloh ta’ala:

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا نَصِيرٍ (١٢٠)

orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)”. dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (Al-Baqoroh: 120)

dan pada akhir tahun 1837 M berkumpullah Kafir Belanda dan Musyrikin Adat pada akhirnya sekali lagi, dan memukul kota Bonjol, dan membunuh banyak dari penduduk kota, dan merampas harta dan anak laki-laki dan anak perempuan dan para wanita, dan menyiksa dan memenjara Imam Bonjol rohimahulloh dari tahun 1837 M sampai wafat Imam Bonjol rohimahulloh di tahun 1864 M. Dan sejak itu terputus dakwah Tauhid di kota Bonjol secara khusus dan di Indonesia secara umum.

Maka kisah ini memberikan pelajaran kepada Ahli Tauhid, jika terjadi peperangan maka tidak mengapa sebagian mereka untuk keluar kepada jihad di jalan Alloh dan sebagian yang lain keluar ke tempat ulama untuk memperdalam ilmu agama, berkata Alloh ta’ala:

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ (١٢٢)

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (Attaubah: 122).

Dan kami memohon hanya kepada Alloh ta’ala untuk memperbaiki penerus yang tersisa dari keluarga Imam Bonjol rohimahulloh dan dari Muslimin seluruhnya di kota Bonjol dan selainnya dan menfaqihkan mereka semua kepada apa-apa yang diridhoi-Nya dan menunjuki kami dan mereka jalan-Nya yang lurus.

Download doc.

10 pemikiran pada “Siapakah Imam bonjol?

  1. Ping balik: WAHHABI DI ZAMAN IMAM BONJOL (BAG. 2) | Abu Fahd Negara Tauhid

  2. JAWABAN HARUS / WAJIB PAKAI DALIL QUR’AN N HADIS SHOHIH G BOLEH NGARANG SENDIRI AKU HANYA MENIRU SEPERTI KATA USTAD2 WAHABI
    PAK YAI MO NANYA NIH YI, NIKAH HUKUMNYA APA YIi ? (buat mantan kyai NU NIH )
    ROSULULLAH NIKAH NDAK YI ? ( juga buat mantan kiay NU )
    ROSULULLAH PUNYA BUKU NIKAH NDAK YI ? ( MASIH UNTUK MANTAN KYAI NU MALAH INI INTINYA )
    LHA SEKARANG PAK YAI NIKAH NDAK ? YG FAIR YA YI ( MANTAN KYAI NU LAGI )
    PUNYA BUKU NIKAH NDAK YI ? JAWAB YA YI EEEEEEHHHHHHH BUKU NIKAH ITU KAN BERARTI BIDAH YA YI KAN ROSULULLAH NGGAK PERNAH PAKAI BUKU NIKAH ( tdk pernah d contohkan) …………………………………………….. HAHAHAHAHAAHAAAHAHAHAHA
    itukan bukan ibadah…………………Kata pak mantan kiay n dikuti para santri pengikut wahabi .kaya kooor yg udah d atur rapi. NGAJI DULU SAMA MANTAN KYAI…. AH

    Suka

  3. +sory aq hanya cukup mengocopy karena bagiku utkmenjawab wahabi ini hanya cukup copy supaya tdk membuang buang energy
    klo d sampaikan kebenaran d katakan mefitnah n benci itulah wahabi ooooh tambah lagi mengadu domba katanya wahaby(senjata mutakirnya)
    padahal dah d dukung fakta n bukti
    jadi g buang2 energi deh utk menjawab pr wahabi
    kamu memang wahabi yg asli bukan salafy
    tapi kamu malu menerima nama wahabi maunya pakai nama salafy
    biar orang pada g ngerti trus terjebak dg nama salafy klo kamu yg bener n aslinya wahabi
    salafy untuk menutupi wahabi ngapusi ciri khas wahabi, bukan ciri2 salafy yg asli pewaris nabi
    tp kamu malu d undang nama wahabi, katanya kembali ke quran n hadis yg murni setelah d ikuti
    ternyata itupun ngapusi alias gataki
    *nyatanya klo d tunjunjuki hadis n quran nya malah memaki sekarang sampai d pondok2 yg ada d plosok2 pun banyak yg ngerti klo itu hanya promosi
    trus pd lari dan kembali ke pemahaman semula yg d wariskan ulama pewaris nabi
    bukan pewaris ulama wahabi abdul wahab ibnu taimiyyah ,binbaz dan yg lain2 lagi
    oh yaaa al albani aku meh lali ngko ndak meri ada lagi yang ngaku mantan kyai tapi ngaji d pondok mana n gurunya sapa nggak ngerti wong kyai kok difinisi bidah n syrik nggak mudeng terus d timggal santri2 nya ngaku mantan kyai. kalau figur kyai asli nggak cirikhas gak gitu , paling itu foto copy ( ato mungkin yg biasa jual obat di pinggir jalan.) malah hampir menyerupai

    Suka

    • wahai nahdiyyin ulama..??
      1.ulama kok..ga hafal alqur”an khattam serta kitab shohih bukhory sih???padahal syarat jadi ulama adalah minimal nya adalah hafidz alqur”an khattam(tentu nya hafal asbabun nuzul,serta hafal tafsirnya)
      hafal kitab suci no pasca alqur”an yaitu shohih bukhory(otomatis hafal asbabul wurud serta nasikh wa mansukh nya)serta shohih muslim
      sdg “salafy asli di indonesia” tidak pernah klaim sbg ulama.lalu gmn prmas dg anda?dari namanya saja sdh kentara?
      2.KENAPA INDONeSIA LAMA BUANGET DIJAJAH BELANDA??krn tdk spt negara saudi yg bebas syrik yg mana ALLAH MAHA PENOLONG MAU NOLONG MUSLIM DARI JAJAHAN KAFIR dg syarat aqidah-tauhidnya murni.ga spt…disini yg bnyk islam versi kejawen
      islam versi adat
      3.lihat di cv,toha bhw hasil muktamar N.U ke satu
      hasil muktamar n.u ke 2
      hasil muktamar ke 3…sampai ke 7.
      -ada keputusan bhw wajibnya cadar..maka amalkanlah
      -larangan sedekah bumi(bumi kok..disedekahi sih??pdhl sunnah/aturan nya adalah sedekah kpd janda fakir miskin dong..)
      -larangan utk slametan-tahlilan(kumpul/reuni event saat org mati…jadi enak para koruptor dong krn mereka mati lalu wong ndeso kumpul utk doakan koruptor tsb spy slamet dunia-akhiratnya..pantas saja koruptor di sini sulit habis krn merasa enjoy krn matinya dg di slameti sih)
      jika nahdiyin waro maka bijaknya harus diamalkan tuh…
      jgn spt yahudi yg ahu teori-ilmunya tapi ga diamalkan dg kilah: ga sesuai di indonesia.
      4.jika nahdiyin baca kitab hadis shohih bukhory&muslim khattam maka tahu mana yang asli salafy atau nahdiyin…
      5.aproriori nahdiyin tinggi daripada cari kebenaranNYA.
      spt fitnah bhw salafy-wahaby adalah teroris(via facebok-web-situs kalian)
      apa kalian picik???siapakan org yg ikut partisipasi berantas teroris DI INDONESIA SELAIN NAHDIYIN??kalian tahu di media press tv yg mana ada jenggot “wahaby” ikut bongkar jaringan teroris tsb.fakta ini tetap kalian sembunyiikan?
      lihat negeri saudi juga kalian fitnah bhw negara saudi adalah negara teroris?pdhl saudi kena bomber para teroris dari aliran syiah maupun lainnya.apa fakta ini kalian sembunyikan lagi?
      saudi sdh cekukan ormas I.R.O yg terlibat teroris.maka ini tdk indikasi bhw saudi kena getah teroris???
      skrg…apa hukum fitnah???apa khafarotnya???
      6.lihat bnyk negeri mayoritas muslim tapi tdk pny wibawa-tdk pny ketahanan politik krn selisihi alqur”an dan sunnah nabi.
      lalu negeri apa yg nahdiyin idolakan?
      pdhl di negeri kita penuh indispliner?walau gemah ripah loh jinawi tapi tdk berkah spt saudi yg negara tandus tapi serba murah dan serba ada srta tahan krisis ekonomi.apa kalian ga pikir berkah suadi krn aqigah-tauhidnya yg murni?(allahu alam utk abad kedepannya)
      7.sebenarnya indikasi mudah seorang muslim “baik” dapat dilihat dari sholat jamaahnya yg full di masjid dg tumaninah-tdk balapan sholat antara imam dg makmumnya spt nya imam..kaya ga mau diikuti makmumnya.serta kerudung unyil pada wanitanya.krn ini indikator bhw muslim-muslimat tsb pny tingkatan waro nya.
      PADAHAL ITU ADALAH WAJIB UTK MUSLIM-MUSLIMAT LALU DG HAL INI SAJA GA BERES..KOK..MAU BICARA AGAMA YG MURNI?ANEH???BIJAKNYA MAKA PERBAIKI DULU HAL SHOLAT JAMAAH DI MASJID UTK ORG YG SDG SERANG SALAFY SPT ISTIQOMAH SHOLATNYA SERTA WANITANYA PAKE KERUDUNG BESAR SPT PARA ISTRI NABI KITA
      8.APA SUSAHNYA DOA?? maka doalah anda spy dpt tahu mana salafy murni atau islam murni daripada semua aliran yg ada
      bukankan khoeruddin tahu alfatihah..maka doa utk minta petunjuk jpd islamnya nabi serta dijauhi spt yahudi yg tahu ilmu tapi tdk waro-tdk amalkan ilmunya tsb
      selesai

      Suka

  4. Subhanallah..infrmasi yg bmanfaat utk generasi muda bangsa indonesia agar brn mnegakkan yg hak [ Tauhid ] dan mhdpkan sunnah Rassullullah shallallahu ‘alaihi wassalaam

    Suka

  5. pada masa imam bonjol hidup, indonesia belum ada. kemungkinan namanya bukan al-indunesiy, tapi al-andalasy atau bahkan al-jawy (sebab bagi orang timteng dulu, seluruh indonesia ini adalah jawa).

    indonesia baru ada sejak jepang menduduki nusantara sekitar 1942. merekalah (jepang) yang membuat bpupki (badan persiapan usaha kemerdekaan indonesia). sebelum jepang (belanda -red), nama nusantara ini adalah hindia belanda atau india timur (ost-indie).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s