Memiliki sertifikat/ijazah tidak membuktikan bahwa seseorang memiliki pengetahuan

Bismillaahirrohmaanirrohiim

sang penanya mengatakan: wahai Syaikh sholeh, semoga Allah memberikan anda kesuksesan, apakah cukup untuk seseorang yang ingin mengajar orang lain (ttg) urusan agama mereka, bahwa mereka memiliki sertifikat (ijazah) universitas? (Yaitu TN dalam apa yang berkenaan dengan agama), atau apakah perlu atas dia untuk memiliki rekomendasi dari para ulama? 

Al-Allaamah Shalih Al Fauzan: adalah (sangat) penting bahwa seseorang memiliki pengetahuan … tidak semua orang yang memegang sertifikat (ijazah) menjadi ‘Aalim, adalah penting bahwa seseorang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang agama Allah, sertifikat (ijazah) tidak membuktikan ( bahwa seseorang telah) berpengetahuan, mungkin ia memegang itu (yaitu sertifikat) dan (sedangkan) ia adalah dari orang yang paling bodoh, dan mungkin dia tidak memiliki sertifikat dan dia adalah dari yang paling luas pengetahuannya dari orang-orang, apakah Syaikh Ibnu Baz mempunyai sertifikat?!?! Atau Syaikh (Muhammad) Ibn Ibrahim?!?! Atau Syaikh Ibnu Humaid?!?! Apakah mereka miliki sertifikat??!! Terlepas dari ini mereka adalah pemimpin (agama) saat ini.

Jadi da’i (yang dinilai adalah) adanya pengetahuan dalam diri seseorang dan (adanya) pemahaman yang dalam pada seseorang, dan itu (yaitu da’i yang dianggap) tidak (dinilai) berdasar sertifikat (ijazah) dan rekomendasinya, bukan ini yang dinilai !!… Dan realitas menunjukkan jatidiri seseorang: jika urusan (tertentu) timbul atau bilamana terjadi sebuah bencana (fitnah) maka ‘Aalim menjadi jelas dari orang yang berpura-pura memiliki pengetahuan dan yang bodoh … na’am.

Diambil dari Sahab.net: http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=382317

—————————-

Juga melihat apa yang Imam Muqbil katakan tentang Imam Ibnu Baz (semoga Allah ta’ala merahmati keduanya)

“Syaikh bin Baz diberikan gelar / sertifikat (ijazah), tetapi ia berkata” Tidak, shahaadah dari Laa ilaaha illallaah cukup bagi saya ”

Dan Imam Al-Waadi’ee sendiri mengatakan: Saya memiliki sertifikat (ijazah) persiapan dan sekunder, sertifikat dari perguruan tinggi Syari’ah dan gelar master, dan aku belum melihatnya seharipun dan aku tidak tahu di mana mereka ditaruh di rumah ”

Semoga Allah Azza wa jall memberikan mereka dan kita pahala terbaik dari melihat- wajah-Nya.

sumber: http://aloloom.net/vb/showthread.php?p=32303

Satu pemikiran pada “Memiliki sertifikat/ijazah tidak membuktikan bahwa seseorang memiliki pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s